Sunday 30 December 2012

PAN Intensif Galang Nahdiyyin


PAN Intensif Galang Nahdiyyin
Jumat, 20 Februari 2009 08:22 WIB | Dibaca: 12 |

SURABAYA | SURYA-Partai Amanat Nasional (PAN) makin intensif menggalang suara di kantong-kantong warga NU. Padahal mereka ini merupakan basis pendukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Bukti penggalangan PAN itu setidaknya terlihat dari gerakan Sekretaris DPW PAN Jatim Sunartoyo.

Sunartoyo yang juga caleg DPR-RI dari Dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) ini memberi perhatian khusus pada kelompok-kelompok komunitas nahdiyin. Pekan lalu misalnya, ia mengumpulkan ibu-ibu anggota muslimat, ormas perempuan di bawah payung NU.

Para ibu di kawasan Kutisari dan sekitarnya tersebut lalu diberinya kegiatan pelatihan ketrampilan cabut duri bandeng untuk presto. “Kegiatan itu usalan ibu-ibu sendiri. Ketrampilan itu dipakai untuk pemenuhan menu sehari-hari, syukur-syukur kalau nantu ada yang mengembangkan jadi lapangan usaha,” tutur Sunartoyo.

Di luar kelompok itu, Sunartoyo ternyata intens menggarap kelompok-kelompok komunitas nahdiyyin lain. Mulai dari jamaah pengajian, jamaah yasinan dan jamaah tahlil. Kegiatan Sunartoyo yang paling menarik animo mereka adalah ziarah keliling wali lima, yaitu makam para wali yang berada di Jatim. Hampir bisa dipastikan, setiap Sabtu dan Minggu ada rombongan peziarah yang diberangkatkannya. Tercatat sudah lebih 40 bus rombongan yang diberangkatnya sejak kegiatan itu diluncurkan empat bulan lalu. Itupun daftar rombongan yang masuk masih setumpuk.

Apa yakin mereka akan beralih ke PAN? “Soal partai, mereka sudah sangat cair. Cara pandang sekarang ini cenderung pada calegnya. Mungkin ini efek penerapan sistem pemilihan suara caleg terbanyak,” tuturnya. ian 

No comments:

Post a Comment